Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Edukasi

Ini Lokasi Tujuan Widyawisata 635 Mahasiswa Poltekpar Makassar

×

Ini Lokasi Tujuan Widyawisata 635 Mahasiswa Poltekpar Makassar

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR– Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar) kembali melaksanakan kegiatan Widyawisata Tahun 2023 dengan tema “Transforming Towards Reliable Next Generation Tourism”. Kegiatan yang rutin diselenggarkan setiap tahun tersebut berlangsung selama tiga hari kamis hingga sabtu, 23-25 Februari 2023.

 

Kegiatan Widyawisata Poltekpar Makassar 2023 diikuti sebanyak 635 mahasiswa semester 2 dari berbagai program studi. Untuk tahun ini, kegiatan Widyawisata dilaksanakan di tiga hotel berbintang di Kota Makassar yakni Hotel Dalton Makassar, Hotel Harper Perintis Makassar, dan Mercure Nexa Pettarani Makassar.

 

Dalam laporan yang disampaikan oleh Dra. Margaretha W. Rante, M.Si., CHE., selaku Ketua Panitia Widyawisata 2023 mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Widyawisata adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan serta memberikan pengalaman kepada mahasiswa terhadap kondisi operasional di industri pariwisata saat ini.

 

“Widyawisata ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar lintas jurusan (Hospitaliti, Perjalanan dan Kepariwisataan) yang ada di Poltekpar Makassar terkait operasioanal pada Industri Perhotelan, Industri Travel Agen serta Pengelola Daya Tarik Wisata” jelasnya.

 

Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd., CHE. dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pendidikan dan pembelajaran secara langsung kepada mahasiswa dengan merasakan, melihat, mendengar, dan menikmati fasilitas yang dimiliki oleh industri perhotelan dan destinasi pariwisata yang dapat menjadi bekal pengalaman serta pengetahuan di bidang kepariwisataan.

 

Widyawisata 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Bapak Faisal, S.ST.Par., MM.Par. yang hadir secara daring. Dalam sambutannya Faisal mengatakan bahwa widyawisata merupakan bentuk implementasi dari kurikulum “Merdeka Belajar” yang mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan kuliah di luar kampus untuk memberikan gambaran pengelolaan kepariwisataan.

Baca Juga:  Poltekpar Makassar Meluluskan 410 Mahasiswa 

Kegiatan Widyawisata 2023 diawali dengan kunjungan ke daya tarik wisata yang ada di Kawasan Geopark Maros Pangkep yakni Taman Purbakala Sumpang Bitta, Taman Prasejarah Leang-Leang dan Air Terjun Bantimurung. Pada kunjungan ke daya tarik wisata tersebut, mahasiswa tidak hanya sebatas menikmati daya tarik yang ada saja tetapi mereka juga diberikan tugas untuk mengidentifikasi berbagai aspek seperti potensi daya tarik wisata, aksesibilitas, atraksi, amenitas, akomodasi dan sapta pesona yang ada di tempat tersebut.

 

Kemudian pada hari kedua kegiata Widyawisata 2023 diisi dengan paparan oleh beberapa narasumber yang merupakan professional atau praktisi di bidang kepariwisataan. Adapun materi yang diberikan adalah Pemanduan Perjalanan Wisata, Kebijakan Pariwisata dan Hospitality Knowledge. Pada akhir sesi, peserta melakukan hotel tour untuk melihat fasilitas dan aktivitas operasional pengelolaan hotel yang mereka tempati.

 

Para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Tour Guide yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Perjalanan Wisata dan Usaha Perjalanan Wisata. Yusran salah seorang peserta widyawisata yang merupakan mahasiswa program studi Perjalanan Wisata mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dengan program widyawisata karena dalam kegiatan ini dirinya mendapatkan banyak ilmu lintas jurusan, apalagi program tersebut tidak dipungut biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *