Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Edukasi

Sekolah Islam Athirah Gelar Upacara Hardiknas 2023, Pengisi Acara Kenakan Baju Adat

×

Sekolah Islam Athirah Gelar Upacara Hardiknas 2023, Pengisi Acara Kenakan Baju Adat

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR– Sekolah Islam Athirah menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 yang jatuh pada hari ini, Selasa (2/5/2023). Kegiatan itu dimulai sejak pukul 08.00 WITA pada dua tempat yang berbeda yakni di Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido dan Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga.

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalaido, Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. untuk upacara yang digelar di Kajaolalido. Sementara untuk wilayah Bukit Baruga, Ketua OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Dhiva Dwi Alika Sadiq, didaulat sebagai Pembina Upacara.

Seluruh guru, karyawan, dan siswa dari semua jenjang menjadi peserta dalam upacara yang digelar setahun sekali tersebut. Sejumlah orang tua yang tergabung dalam Badan Musyawarah Jamiah (BMJ) juga turut mengambil barisan sebagai peserta upacara.

Upacara Peringatan Hardiknas 2023 di Sekolah Islam Athirah kali ini terbilang unik. Pasalnya, momentum lebaran Idulfitri masih terasa. Oleh karena itu, peserta upacara mengenakan baju lebaran, sementara pengisi acara seperti Pembaca Susunan Acara, Pembaca Undang-Undang, dan Ajudan Pembina Upacara mengenakan pakaian adat.

Setiap tahun, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, semboyan pendidikan yang digagas pelopor pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara juga kembali digaungkan. Ing Ngarsa Sung Tuladha yang berarti di depan harus memberi teladan, Ing Madya Mangun Karsa yang berarti di tengah harus membangun ide dan gagasan, serta Tut Wuri Handayani yang berarti di belakang harus bisa memberikan dorongan.

“Itulah konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara, guru tidak selalu menjadi narasumber, bisa (menjadi) fasilitator, (bisa juga) motivator,” kata Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, S.T., M.Pd.

Syamril berharap, peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 tidak sekadar menjadi seremoni belaka. Tetapi hal itu diharapkan mampu menjadi momentum untuk merenung dan memberikan perhatian penuh pada dunia pendidikan.

Baca Juga:  Prodi PPKn FKIP Unismuh Raih Akreditasi Unggul dari LAMDIK

“Semoga (peringatan hardiknas tahun ini) menjadi ajang kontemplasi demi kemajuan negeri, apalagi selepas (bulan) Ramadan perlu dipikirkan pendidikan yang membawa keberkahan untuk bangsa,” pungkasnya.

Selain upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan halalbihalal. Hikmah halalbihalal dibawakan oleh Ustad. Darwis. Setelah itu, kegiatan diakhiri dengan bersalaman untuk saling memaafkan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *