Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Edukasi

Usung Tema “Ekonomi Tumbuh dan Bangkit Melalui Desa Wisata” Delapan Prodi di Poltekpar Makassar Siap Berkolaborasi Dalam Bimtek

×

Usung Tema “Ekonomi Tumbuh dan Bangkit Melalui Desa Wisata” Delapan Prodi di Poltekpar Makassar Siap Berkolaborasi Dalam Bimtek

Sebarkan artikel ini
Bimtek poltekpar
Bimtek poltekpar

PAREPARE– Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Pengelolaan Desa Wisata, dengan mengusung tema “Ekonomi Tumbuh dan Bangkit Melalui Desa Wisata yang Terkelola Dengan Baik” yang dilaksanakan pada 14-15 Juli 2023, bertempat di Hotel Satria Wisata, Kota Parepare.

Mengawali Kegiatan Bimtek ini Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Poltekpar, Bapak Drs. Darmayasa, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan pengelola desa wisata dan daya tarik wisata yang berada di wilayah Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang. Kegiatan ini juga merupakan realisasi program kerja Poltekpar Makassar dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam pengembangan potensi desa wisata yang ada di Kota Parepare dan Kabupaten Pinrang.

Direktur Poltekpar Makassar, Bapak Drs. Muhammad Arifin, M.Pd.CHE., dalam sambutannya mengatakan bahwa Poltekpar Makassar sebagai satu-satunya perguruan tinggi Kepariwisataan berstatus negeri di wilayah Timur Indonesia terus berusaha dalam membantu pengembangan sektor kepariwisataan khususnya Pengembangan Desa Wisata.

“Delapan Program Studi yang ada Poltekpar Makassar terbuka untuk melakukan kolaborasi dalam pengabdian kepada masyarakat baik melalui pemerintah kota maupun secara langsung antar desa wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata yang ada di daerah masing-masing, sehingga kedepan akan lahir desa desa wisata dari kota pare-pare atau kabupaten pinrang yang berhasil meraih ADWI sebagaimana desa wisata yang telah bekerjasama dan menerima pembinaan dari poltekpar makassar” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare, Bapak Amarun Hamka,S.STP yang hadir pada kegiatan tersebut mengatakan selain menggelar kegiatan Bimbingan Teknis, dirinya berharap Poltekpar Makassar melanjutkan kerjasama yang telah terjalin selama ini terutama dalam pendampingan dan perancangan pengembangan destinasi yang ada di Kota Parepare.

Baca Juga:  Duta Besar Prancis, Kunjungi Poltekpar Makassar. Ini yang Dilakukan

Sementara itu Safruddin, peserta yang merupakan Pengelola Kawasan Pantai Lawere Pinrang mengatakan selain menggelar bimbingan teknis seperti yang diikutinya tersebut dirinya berharap kedepannya akan ada program pendampingan dan pembinaan bagi masyarakat desa seperti KKN tematik atau studi lapangan atau sejenisnya yang dilaksanakan oleh Poltekpar Makasar sehingga dapat meningkatkan mutu dan keterampilan sumber daya manusia yang ada di desanya.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini menghadirkan beberapa orang narasumber yakni Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan pariwisata Kota Parepare, Amarun Hamka,S.STP., M.Si. yang membawakan materi “Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Parepare”, Andi Yuwono selaku Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia membawakan materi “Tata Kelola Destinasi Wisata”, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd.CHE., yang membawakan materi “Pelayanan Prima, Hygiene & Sanitasi di Desa Wisata” dan Dra. Margaretha W. Rante, M.Si. CHE. Yang membawakan “Identifikasi Potensi Desa Wisata”.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *