Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
EkobisNews

Transaksi dalam Genggaman, BCA Syariah Mobile Beri Kemudahan Transaksi Apa Saja

×

Transaksi dalam Genggaman, BCA Syariah Mobile Beri Kemudahan Transaksi Apa Saja

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR– Mobilitas tinggi di kota besar menuntut masyarakat untuk siap dan sadar dengan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup cepat utamanya pada sektor perbankan yang tidak pernah berhenti berinovasi demi memberikan layanan terbaik dengan jaminan kenyamanan dan keamanan.

BCA Syariah saat ini menghadirkan berbagai fitur dan layanan yang dapat membantu masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi.

Layanan yang paling sering digunakan oleh masyarakat adalah  BCA Syariah Mobile dan QRIS dimana mengirim uang atau membayar tagihan cukup dalam satu aplikasi. Begitu juga halnya dengan QRIS alat pembayaran yang memudahkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus membawa uang tunai.

Direktur IT PT Bank BCA Syariah, Lukman Hadiwijaya, menjelaskan BCA Syariah memiliki beragam fitur yang memudahkan penggunanya.

Sejak awal beroperasi tahun 2010, BCA Syariah didukung oleh jaringan e-channel yang kuat ATM dan EDC BCA. Hal ini menjadikan nilai tambah bagi nasabah BCA Syariah karena akses ATM dan EDC BCA yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Seiring dengan perkembangan kebutuhan nasabah, BCA Syariah mulai mengembangkan layanan mobile banking yang disebut BCA Syariah Mobile, tepatnya di tahun 2014 dan mengembangkan internet banking Klik BCA Syariah di tahun 2017.

Di tahun yang sama, BCA Syariah meluncurkan kartu co-branding Flazz BCA Syariah dalam rangka mendukung cashless society yang memudahkan pembayaran non tunai.

“Sejak beroperasi 2010 lalu BCA Syariah sudah memiliki 513.000 nasabah atau tumbuh 154 persen dibandingkan Agustus 2022. Ini bukti pertumbuhan yang cepat disektor perbankan,” ujarnya.

Pertengahan tahun 2023 BCA Syariah Mobile mencatat pertumbuhan transaksi sebesar 47,6% secara tahunan (yoy) mencapai 2,2 juta transaksi di Juni 2023. Kesadaran masyarakat untuk bertransaksi dengan e-channel semakin meningkat dibandingkan dengan transaksi di cabang.

Baca Juga:  Beli Paket NYE di Swissbelinn Panakkukang Dapatkan Potongan Diskon 15% Sebelum Kuota Habis

Frekuensi transaksi BCA Syariah Mobile mencapai 63% dari keseluruhan transaksi nasabah di BCA Syariah. Transaksi di cabang sebesar 3%, sementara ATM dan EDC secara total mencapai 33% dan sisanya pada internet banking sebesar 1%.

Kurang lebih dua bulan sejak diluncurkan, pembukaan rekening online BCA Syariah meraih 233 ribu pembukaan rekening baru di Agustus 2023. Perolehan Dana Pihak Ketiga tumbuh 35% mencapai Rp9,4 triliun dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp7,3 triliun.

Jumlah nasabah mencapai 513 ribu nasabah, tumbuh 154% dibandingkan Agustus 2022 yang tercatat sebesar 201.000 nasabah.

Di sisi operasional, proses kerja secara digital terus ditingkatkan untuk menambah efisiensi dan percepatan proses kerja. Sebagai contoh, BCA Syariah telah melakukan otomasi proses pengajuan pembiayaan Emas iB melalui penggunaan Robotic Process Automation (RPA), serta berbagai solusi digital lainnya yang digunakan untuk pengembangan kapasitas karyawan.

Modernisasi layanan yang dilakukan oleh BCA Syariah merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan perolehan dana murah. BCA Syariah menargetkan di akhir tahun ini Dana Pihak Ketiga dapat tumbuh di kisaran 10-12% dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp9,5 triliun.

“Menariknya setiap nasabah BCA Syariah dapat menggunakan Mesin ATM BCA konvensional, sedangkan untuk biaya transfer dari rekening BCA Syariah ke Rekening BCA konvensional gratis atau tidak dikenakan biaya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *