Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Edukasi

Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Unismuh Raih Gelar Doktor Teknik Sipil dari Unhas

×

Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Unismuh Raih Gelar Doktor Teknik Sipil dari Unhas

Sebarkan artikel ini

GOWA –Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Amrullah M telah sukses mempertahankan disertasinya di Program Doktor (S3) Ilmu Teknik Sipil Universitas Hasanuddin.

Sidang promosi berlangsung dengan khidmat di Gedung JK CSL Building Lantai 4 (Lantai 3) Fakultas Teknik Unhas, Gowa, pada hari Selasa, 7 November 2023.

Amrullah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Studi Model Perubahan Morfologi Dasar Saluran Tanah Akibat Bangunan Krib”. Dalam penulisan disertasinya, Amrullah dibimbing oleh Promotor utama, Prof. Mary Selintung, serta Co-Promotor I Prof. Muhammad Saleh Pallu dan Co-Promotor II Dr. Mukhsan Putra Hatta.

Promosi Doktor Amrullah dipimpin Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Muh Isran Ramli. Tampil sejumlah penguji internal, yakni Prof. Muhammad Arsyad Thaha, Prof. Abdul Rachman Djamaluddin, Dr. Eng. Rita Tahir Lopa, dan Prof. Farouk Maricar. Sebagai penguji eksternal Dr. Tiny Manonama, Dosen dari Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sidang promosi dihadiri sejumlah Pimpinan Unismuh Makassar, seperti Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda, Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi. Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Unismuh Dr Nurnawaty dan Ketua Badan Penjaminan Mutu Unismuh Dr Burhanuddin. Selain itu, ada puluhan kolega Amrullah dari sivitas akademika Unismuh Makassar.

Dalam disertasinya, Amrullah berhasil mengidentifikasi krib permeable sebagai penghalang aliran yang efektif dalam mengatur dan mengurangi dampak kecepatan aliran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pengamatan visual untuk memahami karakteristik aliran dan pergerakan sedimen sebagai parameter perubahan dasar saluran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan krib permeable dapat mengurangi kecepatan aliran sebesar 8,55%, serta berdampak langsung pada perubahan morfologi dasar saluran terkait dengan jarak, kerapatan, dan diameter krib.

Studi ini juga berhasil mengidentifikasi persamaan empiris untuk angkutan sedimen akibat krib permeable, yang memberikan pemahaman lebih dalam tentang dampak bangunan ini terhadap aliran sungai dan morfologi dasar saluran.

Baca Juga:  Punya Observatorium Canggih, Unismuh Jadi Tuan Rumah Pemantauan Hilal Kemenag

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang ilmu teknik sipil dan dapat menjadi referensi yang berharga bagi pengembangan berbagai proyek insfrastruktur yang melibatkan perubahan morfologi dasar saluran.

 

Riwayat Hidup Amrullah

Amrullah lahir di Enrekang pada 13 Oktober 1969. Ia merupakan anak dari Mansida (Alm) dan Buah Cani (Alm). Ia memiliki seorang istri bernama Marlia, S.Pd., serta dua anak, yaitu Fadhila Eka Rahayu Amrullah dan Ahmad Fairuz Amrullah.

Amrullah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 42 Galung, Enrekang, pada tahun 1982. Kemudian, ia melanjutkan ke SMP Negeri 1 Enrekang dan menyelesaikannya pada tahun 1985. Pendidikan menengahnya ditempuh di SMA Muhammadiyah 1 Enrekang dan berhasil tamat pada tahun 1988.

Kemudian, ia mengambil studi tingkat sarjana di bidang Teknik Sipil/Pengairan di Fakultas Teknik Unismuh Makassar dan berhasil menyelesaikan gelar sarjana pada tahun 1996. Ia menyelesaikan pendidikan magister dalam Teknik Sipil di Universitas Hasanuddin pada tahun 2011. Amrullah melanjutkan pendidikan S3 di kampus yang sama sejak tahun 2018.

Amrullah saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unismuh Makassar periode 2021-2025. Ia pernah menduduki jabatan Wakil Dekan I Fakultas Teknik Unismuh Makassar periode 2013-2017 dan 2017-2021.

Sebagai seorang peneliti, Amrullah memiliki sejumlah publikasi penelitian yang sangat relevan di bidang Teknik Sipil dan Pengairan. Beberapa publikasi terkini Amrullah, antara lain, “Model Study Of Morphological Changes In The Base Morphology of Soil Channels Due To Groyne Structure” yang diterbitkan dalam Design Engineering (2023), dan “Measurement of Turbulent Flows and Shear Stress on Open Channels” (2020).

Amrullah M. terlibat dalam organisasi profesi, seperti menjadi anggota pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Makassar, Ahli Teknik Hidraulik (HATHI) Cabang Sulawesi Selatan, dan Pusat Assosiasi Penjaminan Mutu (APMU) PTMA-Aisyah.

Baca Juga:  Poltekpar Makassar Bekali Siswa dengan Pelatihan ESQ, Direktur Poltekpar; Keberhasilan bukan karena kepintaran dan kecerdasan namun perilaku

Selain itu, ia juga merupakan aktivis Muhammadiyah. Amrullah merupakan anggota Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel. Ia juga pernah aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *