Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Ekobis

DANA Jangkau 170 Juta Pengguna dan Berhasil Mendigitalisasi 550.000 UMKM di Indonesia

×

DANA Jangkau 170 Juta Pengguna dan Berhasil Mendigitalisasi 550.000 UMKM di Indonesia

Sebarkan artikel ini

MAKASSAR – DANA merupakan platform pembayaran dan layanan keuangan digital yang memudahkan dan mengakomodir kebutuhan dan gaya hidup finansial masyarakat. Lebih dari itu, DANA sebagai perusahaan teknologi finansial yang terus berfokus untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, mendigitalisasi UMKM, hingga meningkatkan interkonektivitas Asia dengan pembayaran antarnegara. Lewat perpaduan teknologi yang inklusif dan berbagai edukasi dan inisiatif lainnya, DANA berharap dapat berperan serta dalam mentransformasi masyarakat Indonesia nontunai yang sehat finansial.

Produk Pembayaran dan Layanan Keuangan DANA
Selama lima tahun menyediakan sistem pembayaran dan layanan keuangan digital untuk masyarakat Indonesia, DANA terus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan menjangkau 170 juta pengguna dan mendigitalisasi lebih dari 550.000 UMKM di seluruh Indonesia.

Sepanjang tahun 2023, DANA mengalami pertumbuhan positif dalam beberapa fitur dan layanan keuangan yang dimiliki. Pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan pada tahun dari tahun 2022 ke 2023, yaitu mencapai 272 persen. Sedangkan, fitur Kirim Uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147 persen di tahun 2023. Pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat.

Pertumbuhan positif ini juga terjadi secara khusus di daerah Sulawesi. Pada tahun 2023, pengguna dompet digital DANA tercatat meningkat sebesar 37 persen di daerah Makassar. Sedangkan secara umum, pada tahun 2023 terjadi peningkatan sebesar 42 persen di daerah Sulawesi Selatan. Seluruhnya jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Pertumbuhan positif juga dirasakan oleh merchant DANA yang mengalami kenaikan transaksi sebesar 90 persen (YoY), sementara jumlah UMKM yang menggunakan DANA bertumbuh sebanyak 37 persen (YoY).

Pada tahun 2023, DANA juga mendapatkan beberapa pengakuan terkait produk dan layanan yang diberikan kepada pengguna. Beberapa diantaranya termasuk meraih penghargaan Bank Indonesia sebagai Perusahaan Non-Bank Terbaik untuk Performa QRIS untuk ketiga kalinya dan untuk pertama kalinya mendapatkan ASEAN Business Awards.

Baca Juga:  JANGAN GOLPUT! Swiss-Belcourt Makassar Hadirkan Promo dan Diskon Special Pemilu 14 Februari 2024

Mengawali tahun 2024, DANA menjadi anggota terpilih dalam World Economic Forum’s Unicorn Community atau Komunitas Unicorn Forum Ekonomi Dunia. Komunitas Unicorn, merupakan komunitas yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan terkemuka yang tengah bertumbuh pesat dan berorientasi pada misi, serta bernilai lebih dari $1 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, DANA untuk pertama kalinya menjadi salah satu perusahaan teknologi keuangan Indonesia yang mewakili Indonesia dengan menjadi panelis yang akan memberikan pandangannya terhadap hasil penelitian ‘The Future of Global Fintech’, dalam Konferensi Pers yang digelar 18 Januari 2024 di Davos, Swiss. Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia, ikut membagikan pertumbuhan tekfin di Indonesia termasuk bagaimana pertumbuhan DANA yang positif ikut berdampak baik, bagi individu maupun pelaku usaha.

Keamanan Pengguna DANA
Di tengah akselerasi transformasi digital di Indonesia, DANA terus berinovasi untuk menjadi dompet digital yang memberikan Quality of Service (QoS) yang superior dan User Experience (UX) terbaik dalam bertransaksi. Dalam hal ini, DANA mengedepankan faktor keamanan dalam ekosistem dan infrastruktur pembayaran digital yang terpercaya dan dapat diandalkan oleh pengguna.

Keamanan dana, data, dan transaksi pengguna DANA semakin terjamin dengan hadirnya penggunaan teknologi keamanan mulai dari PIN hingga teknologi verifikasi wajah yaitu DANA VIZ (Visual Identity Authorization).

Dalam memitigasi risiko, DANA telah dilengkapi oleh teknologi Risk Engine yang menggunakan data perangkat hingga karakteristik transaksi pengguna. DANA juga membekali aplikasinya dengan sederet sertifikasi seperti ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan dan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

DANA juga memiliki Security Score Card yaitu salah satu laporan yang digunakan DANA untuk memantau kinerja keamanan yang dibedakan atas beberapa kelompok mutu. Saat ini, DANA berada di dalam kelompok mutu di atas rata-rata industri berdasarkan Security Score Card, dan tentunya dengan pencapaian ini, DANA memiliki kualitas layanan yang lebih terukur dan terkelola secara risiko.

Baca Juga:  The All New Citroën C3 Aircross SUV, Siap Mengaspal di Makassar, Cek di Sini Teknologi dan Keunggulannya

DANA terus berupaya mengembangkan teknologi yang terpercaya (trusted), ramah dan mudah digunakan (friendly), serta bisa diakses oleh siapapun (accessible) serta bersinergi dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital mulai dari perbankan, dunia usaha (dari UMKM hingga perusahaan besar), dan lembaga-lembaga pemberdayaan perekonomian masyarakat lainnya, guna meningkatkan kontribusi DANA terhadap perekonomian Indonesia.

Mendigitalisasi UMKM
Komitmen DANA juga diwujudkan dengan membantu UMKM mendigitalisasi usahanya, agar semakin mandiri.

DANA mendorong UMKM mengerti keuangan dan punya akses menuju layanan asuransi sampai investasi, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan kepada UMKM. Guna memperkuat UMKM, DANA juga bekerjasama dengan semua pihak, agar ekonomi UMKM semakin bangkit.

Berdasarkan survei INDEF (Institute For Development of Economics and Finance) terhadap 400 UMKM pengguna DANA yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera, menyebutkan bahwa alasan utama penggunaan DANA oleh UMKM di Indonesia adalah mudahnya penggunaan DANA sebagai alat pembayaran (40 persen), dilanjutkan dengan mudahnya mengontrol transaksi (19 persen), dan fitur yang lengkap (18 persen).

Kemudahan transaksi digital menggunakan DANA juga dirasakan oleh pelaku UMKM di Kota S. Hal ini tercermin dari meningkatnya UMKM mitra DANA Bisnis yang terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2023 misalnya, jumlah UMKM mitra DANA Bisnis meningkat sebesar 25 persen di Makassar dan 30 persen di Sulawesi Selatan. Seluruhnya jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *