Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
Edukasi

Tegas! Rektor unhas akan tindak keras oknum yang terlibat proses SNPMB

×

Tegas! Rektor unhas akan tindak keras oknum yang terlibat proses SNPMB

Sebarkan artikel ini

ELINE.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, akan menindak dengan tegas apabila ada oknum orang dalam (ordal) dalam pada proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di kampus tersebut

Prof Jamaluddin Jompa (JJ) di Makassar, meminta bagi siapa saja yang menemukan orang yang mengatasnamakan pihak Unhas dan mampu meloloskan calon mahasiswa tertentu dengan cara menyogok atau membayar, agar dapat segera melaporkan sehingga bisa ditindak tegas.

“Rekan media boleh umumkan barang siapa yang menemukan orang tersebut dengan disertai nama dan alamat lengkap, maka tolong dilaporkan untuk kita tangkap secara bersama-sama,” ujarnya pada kegiatan Konferensi Pers dan Buka Puasa Bersama Media di hotel Unhas convention center Makassar.

Jika pada kenyataannya memang ditemukan dari kalangan dosen dan pegawai Unhas, kata dia, pihaknya tanpa ragu memberikan sanksi pemecatan. Sanksi tegas seperti ini, lanjut Rektor, sudah sering disampaikan sebagai bentuk komitmen dan integritas.

Prof Jamaluddin menjelaskan, adapun sebaliknya jika ada yang ditemukan justru dari luar lingkungan kampus dengan bukti dan bukan hanya isu belaka, maka pihaknya akan memproses sesuai aturan yang berlalu.

Pihaknya juga berharap agar masyarakat tidak perlu ragu untuk melaporkan jika mendapatkan orang seperti itu.

Dan tentu saja masyarakat juga harus percaya pengumuman yang dikeluarkan Unhas secara resmi, bahwa tidak ada lembaga, orang perorang yang menerima jasa memuluskan calon bisa masuk ke Unhas.

“Jadi jangan percaya termasuk keluarga sendiri yang mengatakan bisa dibantu untuk lolos. Dari dulu memang sering muncul gosip-gosip seperti ini dan mungkin juga terjadi, tapi kali ini, kami betul betul bertekan memutus rantai itu,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiwaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD Sp.BM (K), mengatakan pihaknya sekali tidak bekerja sama dengan pihak ketiga untuk penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga:  Prof Jamaluddin Jompa; Jangan Karena Dia Miskin Tidak Bisa Kuliah di UNHAS

Prof Ruslin juga meminta agar calon mahasiswa tidak percaya dengan calo dengan iming-iming dapat membantu meloloskan dan diterima masuk kuliah di Unhas.

“Semua sistem penerimaan mahasiswa sudah clear, sesuai regulasi. Kalaupun saat UTBK biasa coba joki juga akan ketahuan karena sistemnya sudah lebih bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Unhas pada tahun ini akan menerima mahasiswa baru jenjang sarjana dan vokasi. Adapun pendidikan sarjana berasal dari 70 prodi serta 11 prodi vokasi atau sarjana terapan

Adapun beberapa kursi yang sedang diperebutkan para mahasiswa yang akan mendaftar,

1165 calon mahasiswa berebut kursi di Prodi Kedokteran Unhas. Meliputi ada Prodi Kedokteran Hewan dengan 1007 peminat, prodi Psikologi dengan 998 peminat, Fakultas Teknik ada Prodi Teknik sipil sebanyak 970 peminat, Teknik mesin ada 889 peminat, Rumpun ilmu sosial dan humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas jadi terdepan menggaet minat calon mahasiswa.

Prodi Manajemen juga masih jadi favorit dengan 1750 calon mahasiswa.

Diikuti Prodi Akuntasi sebanyak 1715 peminat.

Prodi Ekonomi Pembangunan ada 1548 peminat.

Lalu Prodi Ekonomi bisnis islam sebanyak 1457 peminat

Serta melengkapi 5 besar ada, Prodi Ilmu hukum dengan 1336 pendaftar.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Ruslin mengaku saat ini tahapan SNBP sudah memasuki masa pendaftaran ulang.

“Pendaftaran ulang harus masukkan berkas untuk verifikasi sesuai yang dimasukkan secara online dengan yang cetak. Akan ada juga penyampaian penentuan UKT,” jelas Prof Ruslin di Hotel Unhas pada Sabtu (6/4/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *