Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
News

Sinergi Pelindo Jasa Maritim dan Pengguna Jasa Wujudkan K3 di Pelabuhan

×

Sinergi Pelindo Jasa Maritim dan Pengguna Jasa Wujudkan K3 di Pelabuhan

Sebarkan artikel ini

ELINE.ID,MAKASSAR – PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) yang merupakan salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), menggelar sosialisasi dalam rangka meningkatkan safety awareness bersama para pengguna jasa. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan May Day 2024 untuk mewujudkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Pelabuhan.

Visi SPJM sebagai pemimpin jasa kemaritiman yang terintegrasi dan berkelas dunia dengan menjadi Service and Operational Provider, terus diwujudkan dengan peningkatan kualitas layanan secara konsisten ke seluruh stakeholder. Aspek safety and environment adalah hal utama yang menjadi landasan layanan jasa yang diberikan oleh SPJM pada Business Stream SPJM antara lain marine (pelayanan kapal), equipment (perawatan peralatan), dan port services (jasa utilitas dan lainnya seperti listrik, air, dan pengelolaan limbah.
Salah satu upaya bentuk komitmen SPJM dalam membangun budaya keselamatan kerja adalah menggelar kegiatan Workshop Safety and Environment dengan tema Cultivating Marine Safety Awareness. Program ini sendiri merupakan 1 dari 13 Program Strategis TJSL yang diprioritaskan pada bidang Pendidikan dan Kesehatan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian Hari May Day 2024.
Direktur Operasi dan Teknik PT Pelindo Jasa Maritim, Edward DP Napitupulu, dalam sambutannya di pembukaan acara mengatakan, “Kegiatan ini menyasar para agen pelayaran dan Perusahaan pelayaran yang telah bermitra dan berkontribusi di wilayah kerja Pelindo Group terkhusus mitra Stakeholder PT Pelindo Jasa Maritim guna mendukung terwujudnya implementasi K3 secara menyeluruh di pelabuhan, khususnya layanan marine.”
Sebanyak 35 agen kapal dan Perusahaan pelayaran yang merupakan pengguna jasa SPJM mengikuti workshop ini. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi upaya mitigasi dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja di pelabuhan.
Penyebab Kecelakan Kerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal antara lain kondisi alam, kapal, dan lainnya, serta faktor internal yang mencakup SDM Pandu, sarana dan prasarana, dan lainnya. Sehingga perlu adanya peningkatan kesadaran bersama dari semua pihak. terhadap pentingnya Keselamatan dan kesehatan kerja.
Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, Giawan Lussa dan SVP (Senior Vice President) K3L dan Manajemen Mutu SPJM, Moh. Subiyan.
Giawan menyampaikan materi untuk upaya penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja oleh Manajemen dengan menerapkan Sistem Manajemen K3 sesuai Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. Selain itu melalui pekerja atau buruh antara lain mengetahui potensi bahaya, mengetahui cara pengendaliannya, mematuhi tata tertib dan SOP (Standard Operating Procedure), serta beristirahat yang cukup.
Sementara Subiyan menjelaskan tentang potensi risiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi pada layanan ,arine service, dan upaya mitigasi yang dilakukan oleh SPJM dalam rangka mencegah terjadi kecelakaan kerja serta gugus koordinasi jika terjadi keadaan darurat.
Menurut Subiyan, ada 4 langkah untuk mencegah risiko, yaitu menerapkan prosedur K3 di tempat kerja dan memakai APD yang tepat, menyediakan pelatihan dan pembekalan yang memadai bagi pekerja, memelihara peralatan dengan baik, serta memantau kondisi cuaca dan lingkungan laut.
“Kita ingin meningkatkan kesadaran setiap pihak yang terkait untuk berkontribusi bersama menjaga penerapan K3 demi terciptanya layanan yang sehat dan selamat, “Kata Edward menutup sambutannya.

Baca Juga:  Pelindo Regional 4 Makassar Perkenalkan Kepelabuhanan ke Siswa/i SMP Laniang Makassar

Tentang Pelindo Jasa Maritim
PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).
Layanan marine berupa jasa pemanduan, jasa penundaan, jasa penambatan, transportasi crew kapal, agensi kapal, dan ke depannya akan dikembangkan layanan untuk memenuhi kebutuhan bbm untuk kapal.
Layanan peralatan (equipments) berupa penyediaan peralatan pendukung, pemeliharaan peralatan dan fasilitas, penjualan spare parts, konstruksi fasilitas pelabuhan, elektrifikasi peralatan, dan perbaikan kapal.
Layanan utilitas (port services atau port utilities) berupa pengerukan (dredging) yang terbagi dalam pemeliharaan dan pengembangan alur. Juga ada ulititas dan energi dengan penyediaan air bersih untuk kapal. Pasokan listrik untuk kapal (shore connection atau onshore power supply), penyediaan listrik pelabuhan, serta pasokan perbekalan kapal.
Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh Nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke. SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.
SPJM saat ini mengelola 8 (delapan) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia. SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *