Scroll Untuk Baca Artikel
PLN

Inovasi PLN “SuperSUN” Jangkau Pulau Terluar di Kabupaten Pangkep

×

Inovasi PLN “SuperSUN” Jangkau Pulau Terluar di Kabupaten Pangkep

Sebarkan artikel ini
Inovasi PLN "SuperSUN" Jangkau Pulau Terluar di Kabupaten Pangkep

ELINE.ID,MAKASSAR – PT PLN (Persero) berhasil menerapkan uji coba inovasi Surya Power Solusi untuk Negeri (SuperSUN) dalam menerangi Pulau Saugi, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Provinsi Sulawesi Selatan.

SuperSUN merupakan salah satu solusi ramah lingkungan untuk melistriki masyarakat di daerah terisolir atau wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). PLN membangun pembangkit individual tenaga surya dan baterai untuk menghadirkan listrik 24 jam.

Scroll Untuk Baca Artikel

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menegaskan komitmen PLN untuk terus menerangi daerah-daerah 3T yang belum tersentuh listrik. Salah satu strategi yang digunakan dalam melistriki daerah 3T adalah dengan memanfaatkan potensi sumber daya energi.

“Alhamdulillah, pemasangan dan uji coba SuperSUN berhasil di tiga fasilitas umum yaitu Puskesmas Pembantu, Masjid, dan rumah sehat. Masyarakat menyambut baik dan kami optimis inovasi ini dapat diimplementasikan untuk calon pelanggan lainnya,” ujar Andy.

Dirinya menambahkan, dengan SuperSUN, PLN memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan listrik bersih yang andal bagi masyarakat dan mengusung konsep keberlanjutan. Menurutnya, SuperSUN juga dapat diduplikasi dan dikembangkan untuk di daerah terpencil karena ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, dan efisien. Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau _Sustainable Development Goals (SDG’s)_.

“PLN memasang SuperSUN _set_ yang terdiri dari 3 buah _inverter box,_ baterai dan kilowatt-hour (kWh) meter yang dihubungkan dengan solar panel kepada tiga fasilitas umum di Pulau Saugi tersebut,” kata Andy.

Andy optimis pengembangan infrastruktur kelistrikan yang telah dilakukan PLN tidak hanya menghadirkan listrik di pulau tersebut, tetapi sekaligus meningkatkan perekonomian. Dirinya mencatat sampai dengan April 2024, Rasio Elektrifikasi telah mencapai 99,99 % di Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  PLN Paparkan Green Enabling Supergrid hingga Rampungnya PLTS Terapung Cirata Pada Presiden di Forum AIPF KTT ASEAN

Sementara itu, warga pulau Saugi, Suryani mengaku bersyukur dengan hadirnya SuperSun, kini Puskesmas dapat melayani masyarakat di siang maupun malam hari. “Alhamdulillah PLN hadir di Pulau Saugi, dengan adanya SuperSUN kami mendapatkan penerangan dan dapat melayani masyarakat di malam hari,” ucap Suryani.

Ia pun berharap semoga inovasi tersebut dapat juga diimplementasikan di seluruh masyarakat pulau Saugi.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *