Edukasi

HUT ke-11 Makassar Cancer Care Community Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker Sejak Dini

×

HUT ke-11 Makassar Cancer Care Community Gelar Sosialisasi Pencegahan Kanker Sejak Dini

Sebarkan artikel ini

ELINE.ID,MAKASSAR– Menyambut moment kemerdekaan RI ke-79 tahun, Makassar Cancer Care Community (MC3) mengajak puluhan penyintas kanker di Makassar mengikuti edukasi pencegahan kanker sejak dini yang digelar di Sunachi Claro, minggu (18/8).

Kegiatan ini turut di inisiasi oleh wakil ketua DPRD Makassar Andi Suhada Sappaile.

Ketua Makassar Cancer Care Community(MC3), Prof Dr Nurlina Subair MSi mengatakan setiap tahun angka penderita Kanker meningkat, dan penderitanya mayoritas perempuan.

Melihat hal ini Nurlina sebagai ketua Makassar Cancer Care Community (MC3) mengatakan selama 11 tahun ini telah banyak dukungan dari banyak pihak khususnya perempuan dan hari ini tanggal 17 Agustus bertepatan dengan hari terbentuknya komunitas ini.

MC3 bertujuan untuk merangkul para penyintas kanker dan mengkampanyekan serta mensosialisasikan pentingnya melakukan deteksi dini kanker agar pencegahan maupun pengobatan bisa ditindaki segera oleh dokter.

“Harapannya sosialisasi ini dapat lebih memperluas informasi, bahwa kanker tidak menakutkan. Saya adalah salah satu penyintas kanker payudara selama 10 tahun dan hari ini saya masih ada dan ingin terus berbagi kepada masyarakat bagaimana mengatasi dan mendeteksi sejak dini sebelum terlambat,” tambahnya.

Dr dr Alfiah Amiruddin MD, MSURG sebagai dokter spesialis bedah payudara yang hadir sebagai narasumber tidak henti-henti disetiap seminar selalu mengingatkan deteksi sejak dini sehingga harapan hidup lebih panjang, jangan suka menunda, merahasiakan tetapi segera tindaki jika ada gejala yang dirasakan.

Lanjut kata dr Alfiah mengajak masyarakat untuk bersama membicarakan masalah kanker karena jika masyarakat semakin paham maka komitmen menurunkan angka kanker payudara stadium lanjut dapat diturunkan 60% hingga 70%.

“Ada beberapa cara mendeteksi kanker sejak dini , pertama jika didapati benjolan masyarakat bisa langsung memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, melakukan mamografi, dan beberapa tindakan lanjutan jika diperlukan, lebih cepat melakukan pemeriksaan lebih cepat dilakukan pencegahan dan pengobatan,” ungkapnya.

“Di moment hari Kemerdekaan RI ke-79 di harapkan masyarakat juga bebas dari kanker, Terimakasih kepada MC3 sudah hadir membantu kami untuk memberi support kepada masyarakat dan para penyintas untuk terus berupaya memeriksakan diri jika didapati gejalanya, kami berharap bahwa Wakil-rakyat kita para perempuan yang duduk di dewan menjadi terompet atau corong untuk menyambung suara-suara dari para penderita, penyintas dan pejuang kanker,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *