Hyundai

Waspada Lelah Saat Menyetir, Hyundai Gowa Berikan Solusi dengan Fitur Consider Take a Break Fitur Hyundai Santa Fe

×

Waspada Lelah Saat Menyetir, Hyundai Gowa Berikan Solusi dengan Fitur Consider Take a Break Fitur Hyundai Santa Fe

Sebarkan artikel ini

ELINE.ID,MAKASSAR — Kelelahan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya, terutama saat berkendara jarak jauh. Mengemudi dalam kondisi lelah bisa sangat berbahaya, karena konsentrasi dan respons pengemudi dapat menurun seiring waktu. Bagi pengemudi, penting untuk mengenali tanda-tanda kelelahan agar tetap aman di jalan. Hyundai Gowa membagikan beberapa ciri yang perlu diperhatikan:

Durasi Mengemudi

Pengemudi sering kali tidak sadar telah menyetir terlalu lama. Hyundai Gowa merekomendasikan istirahat setiap 3 jam sekali untuk mencegah kelelahan berlebih.

Pandangan Kabur

Jika pandangan mulai kabur, cahaya pecah, atau tampak berkabut, itu tanda Anda butuh istirahat. Ambil jeda minimal 1 jam untuk memulihkan kondisi.

Pola Mengemudi

Perhatikan durasi mengemudi Anda. Disarankan untuk beristirahat atau melakukan peregangan setiap dua setengah jam agar tubuh tidak terlalu tegang.

Untuk mencegah kejadian yang membahayakan saat berkendara, Hyundai Santa Fe menghadirkan teknologi inovatif yang bertujuan menjaga keselamatan pengemudi di jalan yaitu Driver Attention Warning (DAW). Fitur ini dirancang untuk memantau tingkat perhatian pengemudi dan memberikan peringatan jika terdeteksi adanya tanda-tanda kelelahan atau penurunan konsentrasi.

Sebagai bagian dari fitur keselamatan pada kendaraan, Driver Attention Warning memberikan informasi kepada pengemudi mengenai Attention Level mereka, atau tingkat perhatian saat mengemudi. Informasi ini memungkinkan pengemudi untuk terus memantau kondisi mereka selama perjalanan, terutama dalam perjalanan jarak jauh di mana pengemudi sering kali mengabaikan kebutuhan untuk beristirahat secara berkala, yang bisa menyebabkan kelelahan berlebih dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Cara kerja fitur ini sangat canggih. Ketika pengemudi mulai kehilangan fokus, Driver Attention Warning akan memberikan peringatan melalui tampilan “cangkir kopi” yang berisi pesan “Consider taking a break” di layar cluster kendaraan.

Selain pesan visual, bunyi peringatan juga akan terdengar untuk memperkuat sinyal bahwa pengemudi harus mempertimbangkan untuk beristirahat. Peringatan ini muncul ketika sistem mendeteksi bahwa tingkat perhatian pengemudi telah turun di bawah level tertentu, yaitu di bawah level 1. Hal ini dilakukan demi memastikan bahwa pengemudi tetap dalam kondisi optimal saat mengemudi, terutama ketika mereka mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

Namun, ada batasan waktu yang ditetapkan agar sistem tidak memberikan peringatan terlalu dini. Fitur Driver Attention Warning hanya akan menyarankan istirahat setelah pengemudi telah berkendara lebih dari 10 menit. Selain itu, sistem juga tidak akan memberikan rekomendasi istirahat jika belum lebih dari 10 menit sejak istirahat terakhir yang disarankan. Dengan cara ini, Hyundai memastikan bahwa peringatan yang diberikan benar-benar relevan dan membantu, tanpa mengganggu perjalanan berkendara pengemudi dengan peringatan yang terlalu sering atau tidak diperlukan.

Yang membuat fitur ini semakin canggih adalah kemampuannya untuk menganalisis pola mengemudi secara real-time. Sistem akan memantau berbagai faktor seperti pola mengemudi, kecepatan, dan durasi berkendara untuk menentukan apakah pengemudi masih dalam kondisi fokus atau sudah mulai kelelahan. Jika pola mengemudi menunjukkan tanda-tanda penurunan perhatian, sistem akan segera memberikan rekomendasi untuk beristirahat. Dengan cara ini, fitur Driver Attention Warning tidak hanya mendeteksi kondisi pengemudi secara pasif, tetapi juga menganalisis data berkendara untuk memberikan saran yang tepat pada saat yang dibutuhkan.

“Hyundai Santa Fe hadir dengan berbagai fitur keselamatan yang sangat bermanfaat, terutama untuk pengemudi yang sering melakukan perjalanan jauh. Jangan ragu untuk segera miliki Hyundai Santa Fe dengan mudah melalui pilihan program angsuran ringan dan berbagai promo menarik dari Hyundai Gowa. Segera lakukan booking test drive di www.hyundaigowa.com dan rasakan sendiri keunggulan serta kenyamanan yang siap menemani perjalanan Anda.” ucap Ferry, Chief Operation Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa)

Sesuai dengan tagline Hyundai Gowa, Your First Choice, bagi pelanggan yang ingin merasakan langsung fitur canggih atau layanan servis lainnya, maka Anda dapat kunjungi ke diler resmi Hyundai Gowa terdekat untuk mendapatkan jadwal booking test drive atau servis. Hyundai Gowa merupakan dealer resmi yang tersebar di Indonesia yang dapat diketahui melalui www.hyundaigowa.com atau Instagram official Hyundaigowa.id .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai mobil, layanan servis atau reservasi test drive, silahkan hubungi call center 0812 1000 9400 atau kunjungi www.hyundaigowa.com dan Instagram @hyundaigowa.id (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *