Scroll Untuk Baca Artikel
[metaslider id="10308"]
News

Politeknik Pariwisata Makassar Menandatangani MoU dengan International University of Tourism and Hospitality (IUTH) Kazakhstan

×

Politeknik Pariwisata Makassar Menandatangani MoU dengan International University of Tourism and Hospitality (IUTH) Kazakhstan

Sebarkan artikel ini

ELINE.ID,Turkistan, Kazakhstan – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar resmi menjalin kerjasama dengan International University of Tourism and Hospitality (IUTH) Kazakhstan. Peresmian kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilangsungkan pada hari Kamis, 4 Juli 2024 di Kampus IUTH yang terletak di Kota Turkistan, Kazakhstan.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan langsung oleh Bapak Herry Rachmat Widajaja selaku Direktur Poltekpar Makassar dan Bapak Alibek Shokparov selaku Rektor International University of Tourism and Hospitality. Seremoni tersebut juga turut dihadiri oleh Bekezhan Myrzaev (Wakil Rektor IUTH), Asel Dilmuratkyzy (International Collaboration Officer IUHT), Muhammad Arfin Muhammad Salim (Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Umum Poltekpar), dan Sharief Jon (Perwakilan KBRI).

Dalam sambutannya, Alibek Shokparov menyampaikan bahwa dirinya merasa senang atas kerjasama tersebut dan mengapresiasi kehadiran Direktur Poltekpar Makassar yang bersedia datang langsung ke Kampus IUTH. Dia berharap bahwa kerjasama yang telah disepakati dapat ditindak lanjuti dengan menyusun roadmap implementasi kerjasama agar apa yang telah disepakati dapat segera diimplementasikan.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Makassar dalam sambutannya berterima kasih kepada pihak IUTH yang telah menyambut baik kehadirannya serta kesediaan mereka untuk berkolaborasi dengan Poltekpar Makassar. Herry juga menyampaikan bahwa dirinya berharap kerjasama ini dapat segera direalisasikan seperti pertukaran mahasiswa, dosen dan riset bersama dll.

“Kita berharap kerjasama yang telah disepakati ini dapat segera terealisasi dan diimplementasikan, kami siap melaksanakan semua poin-poin yang telah disepakati. Terutama kami menantikan kehadiran mahasiswa dari IUHT untuk datang belajar ke Poltekepar Makassar sebagai bentuk perwujudan program pertukaran mahasiswa” ujar beliau.

Adapun poin yang disepakati antara Poltekpar Makassar dan IUTH meliputi pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, publikasi karya ilmiah, menyelenggarakan kegiatan bersama seperti seminar, pelatihan, workshop, konferensi ilmiah, serta menyelenggarakan program dual degree.

Baca Juga:  Selama Bulan Januari 2023,Pegadaian Makassar Salurkan Bantuan Sebesar Rp355 Juta untuk 92 Panti Asuhan

Kerjasama kedua Kampus Bidang Pariwisata ini terjalin berkat inisiasi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Kazakhstan dan Republik Tajikistan, Dr. Mochmad Fadjroel Rachman, dengan tujuan meningkatkan eksistensi perguruan tinggi yang berada di kawasan timur Indonesia agar dapat bersaing dengan kampus yang ada di kawasan barat.

“Kami mengucapkan selamat kepada Poltek Pariwisata Makassar atas MoU yang sudah ditandatangani dengan IUTH Kazakhstan. Semoga kerjasama tersebut akan memajukan kualitas pendidikan di kedua pihak. KBRI Astana senantiasa mendukung segala upaya untuk memajukan hubungan antara Indonesia dengan Kazakhstan dan Tajikistan”, tutur Dubes Fadjroel.

Selain menandatangani perjanjian kerjasama secara resmi dengan IUTH, pada kesempatan kunjungan ke Kazakhstan tersebut Direktur Poltekpar Makassar sekaligus mencoba melakukan penjajakan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya yakni Kazakh National Academy of Choreography yang terletak di Kota Astana.

Herry mengatakan bahwa inisiasi pertemuan ini akan menjadi langkah awal untuk kerjasama khususnya terkait pengembangan kriya seni dan budaya yang menjadi bagian dari pariwisata. Kita juga berharap nanti dapat bekerjasama dalam hal riset tentang seni dan budaya.

Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua pihak, baik Poltekpar Makassar maupun IUTH. Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang pariwisata, serta memperluas jaringan kerjasama internasional bagi kedua institusi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *